Unsur-unsur dalam Website



Berikut ini adalah unsur-unsur yang harus disediakan dalam sebuah website, yaitu:

1. Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada internet.
Contoh : 
http://www.proteknologi.com
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws.
Contoh nama domain ber-ekstensi lokal Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).

2. Server Tempat File Website (Web Hosting)
Pengertian 
Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya kapasitas dari web hosting, semakin besar kapasitas web hosting, maka semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.
Web hosting juga dapat diperoleh dengan cara menyewa dari penyedia 
web hosting. Besarnya kapasitas hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyedia web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

3. Bahasa Program (Scripts Program)
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website pada saat diakses. Bahasa pemrograman dapat membuat website menjadi lebih dinamis dan interaktif.
Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kinerja website. Bahasa pemrograman yang banyak dipakai para web 
designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java Applets, CSS dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap website adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya website.
Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list, ecommerce dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.
Kini untuk mempermudah pembuatan website dinamis tanpa harus mengerti bahasa pemrograman bermunculan CMS seperti joomla, wordpress dll.

4. Desain Website
Setelah melakukan penyewaan domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program), unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.
Untuk membuat website biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa 
jasa desain website. Saat ini sangat banyak jasa desain website, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas website sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan website, maka akan dihasilkan website yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tinggi dari seluruh biaya pembangunan website dan semuanya itu tergantung kualitas designer.

5. Publikasi Website 
(SEO).
Keberadaan website tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya sebuah website sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan website kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi website di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamflet-pamflet, selebaran, baliho dll, tapi cara ini kurang efektif dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, seperti : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb)
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi website cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

6. 
Pemeliharaan Website (Website Maintenance).
Untuk mendukung kelanjutan dari website, diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik website akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan website dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.

Jasa Pembuatan Website dan Mobile Apps

Official
Jln. Johar VIII no. 11, Cimanggu Bogor
0251-8576-335 | 0813-8047-9646

Gedung Omega Lt.2, Jln. Keramat Raya 61A, Jakarta Pusat
0878-7239-5001 | 0877-2161-4814

Comments

Popular posts from this blog

Alasan Mengapa Website Sangat Penting

Jasa Mobile Apps