Komponen Website



I. DOMAIN
Domain adalah alamat sebuah website yang digunakan untuk mengakses sebuah website dengan cara mengetikkannya di browser yang ada di perangkat Anda yang terkoneksi ke internet. Ekstensi belakang domain bukan hanya .com. Ada juga .net, .org, .biz, .info, .asia, .tv, .in, .us, .co.id, .web.id, .co.uk, .xxx dll masih teramat sangat banyak lagi ekstensi domain yang lainnya.
Domain sifatnya sewa minimal satu tahun dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu Rupiah tergantung dari ekstensi domain yang dipilih. Ada satu hukum alam dalam penyewaan domain yaitu siapa cepat dia dapat. Contoh domain www.proteknologi.com kan sudah dimiliki oleh Proteknologi, maka Anda tidak bisa menyewanya kecuali kalau suatu saat nanti domain ini tidak diperpanjang masa sewanya. Bagi para pengusaha domain, hal seperti ini adalah potensi bisnis yang bagus untuk mereka karena biasanya mereka mengambil dulu domain-domain yang diperkirakan banyak peminatnya lalu mereka menjual domain tersebut dengan harga yang tinggi.
Ada yang menyewakannya lagi sampai dengan harga jutaan bahkan puluhan juta Rupiah tergantung dari kemungkinan jumlah peminatnya ataupun kemungkinan strata ekonomi peminatnya. Kita bisa menyewa domain dari pihak-pihak yang menyewakannya dan biasanya adalah perusahaan-perusahaan hosting. Biasanya juga mereka mempunyai website promosinya dan di website-nya tersebut tersedia fasilitas untuk mengecek ketersediaan domain yang ingin kita pesan. Cara pemesanan dan pembayarannya pun mudah. Bisa via transfer bank, menggunakan Paypal, kartu kredit dll. Aktifnya pun paling lambat umumnya 1X24 jam setelah pembayaran.

II. HOSTING
Hosting adalah tempat dimana data-data website disimpan, di-online-kan dan diolah oleh pengelola website. Saya ibaratkan hosting ini ibarat satu ruangan di sebuah gedung apartemen atau gedung perkantoran. Hosting menjadi tempat tinggal ataupun kantor kita di dunia online(internet). Yang banyak dipakai orang saat ini rata-rata disebut dengan Shared Hosting. Perusahaan-perusahaan hosting menyediakan paket hosting sekaligus harganya masing-masing yang bervariasi tergantung dari Disk Space (Kapasitas Disk), Monthly Bandwidth (Data Transfer Bulanan) dan fasilitas-fasilitas juga fitur-fitur lainnya.
Umumnya, pembayaran hosting yang pada dasarnya sifatnya pun sewa ada yang bulanan atau tahunan. Gambaran dari saya, Rp100.000,00 per tahun untuk domain dan Rp100.000,00 per bulan untuk hosting sudah cukup bagi kita untuk mempunyai website yang siap menerima kunjungan dari banyak pengunjung. Biasanya hosting yang kita pesan akan diaktifkan paling lambat 1X24 jam oleh perusahaan hosting setelah kita melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Untuk menemukan banyak pilihan perusahaan hosting, Anda bisa mencarinya di Search Engine(Mesin Pencari) Google dengan mengetikkan kata kunci "hosting".
Domain yang sebelumnya juga telah Anda sewa, NS(Name Server)-nya akan diarahkan ke NS yang digunakan oleh perusahaan hosting. Contohnya adalah ns1.namaperusahaanhosting.com dan ns2.namaperusahaanhosting.com. Biasanya kita mendapatkan client area dari perusahaan hosting yang bisa kita akses untuk melakukan setting(pengaturan) untuk hal ini. Bila Anda tidak paham hal ini, jangan segan untuk menanyakan atau minta bantuan kepada tim pelayanan dari perusahaan hosting tersebut. Ketika hosting Anda telah aktif, maka Anda mendapatkan akses ke cPanel(Control Panel) hosting website dari perusahaan hosting.

III. SERVER
Server adalah tempat dimana terdapat banyak hosting website diletakkan di dalamnya. Server ini ibarat gedung apartemen ataupun gedung perkantoran. Server sebenarnya sama saja dengan komputer desktop yang biasa dipakai di rumah-rumah ataupun kantor-kantor. Bedanya, server digunakan untuk menyimpan dan meng-online-kan data-data banyak hosting website yang ada di dalamnya sehingga server pun diletakkan di data center untuk dihubungkan ke seluruh dunia. Jadi pada saat Anda sedang mengakses suatu website, maka perangkat Anda sedang terkoneksi dengan server dimana website tersebut di-hosting-kan.
Server biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan hosting dan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sumber daya besar karena sangat banyaknya data juga pengunjung website. Seperti Kompas, mempunyai server-server sendiri milik perusahaan yang jumlahnya banyak dan diletakkan di data center. Apalagi perusahaan-perusahaan Search Engine semacam Google, Yahoo dan Bing juga perusahaan-perusahaan Social Networking (Jejaring Sosial) seperti Facebook dan Twitter. Jenis server dari segi kemampuan atau pelayanannya terdiri dari VPS(Virtual Private Server), Dedicated Server dan Coolocation Server.
VPS(Virtual Private Server) saya ibaratkan dengan satu lantai dari keseluruhan gedung apartemen atau perkantoran yang tentunya teramat sangat jauh lebih besar sumber dayanya dibandingkan Shared Hosting. Dedicated Server adalah penyewaan unit server yang saya ibaratkan langsung menyewa satu gedung apartemen atau perkantoran. Coolocation Server adalah penitipan server milik sendiri ke data center. Harga sewanya bervariasi. Untuk VPS(Virtual Private Server) biasanya mulai ratusan ribu hingga jutaan Rupiah bulanan. Untuk Dedicated Server biasanya jutaan Rupiah. Untuk harga beli server sendiri mulai jutaan hingga puluhan juta Rupiah.
Semuanya tergantung dari kualitas server-nya sendiri dengan kemampuan, fasilitas serta fitur-fitur yang tersedia. Kalau seperti Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter, mereka masing-masing sudah mempunyai sangat banyak server yang diletakkannya di data centernya masing-masing juga punya sendiri. Kalau kita mempunyai server sendiri lalu kita ingin menggunakan Coolocation Server dengan menitipkannya di data center, umumnya biaya bulanannya jutaan Rupiah per bulan. Bila Anda hanya ingin website untuk blog pribadi, website bisnis kecil hingga menengah, tentu Anda tak memerlukan server karena Shared Hosting saja sudah cukup.

IV. DATA CENTER
Data Center adalah tempat dimana banyak server diletakkan dan di-online-kan di dalamnya ke seluruh dunia. Data Center dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih seperti sarana pengaturan hawa udara juga penyaluran listrik karena server-server yang ada di dalamnya harus dipastikan online 24 jam penuh tanpa henti agar website-website yang tergabung di dalamnya mampu diakses kapanpun juga dimanapun oleh para pengunjungnya yang menggunakan perangkatnya masing-masing yang terkoneksi ke internet. Selain itu, keamanannya pun sangat ketat karena tak sembarangan orang bisa masuk untuk mengantisipasi sabotase server. 

V. CPANEL
cPanel(Control Panel) adalah panel kontrol hosting sebuah website. cPanel ibarat software yang bisa dipergunakan secara online. Di dalamnya juga terdapat webmail untuk membuat akun e-mail dengan nama domain Anda sendiri misalnya mail@namadomainanda.com. Anda juga bisa meng-upload(mengunggah) ataupun men-download(mengunduh) files atau folders untuk website di cPanel. Di cPanel, Anda juga bisa meng-instalasi(memasang) CMS(Content Management System) untuk mengelola data-data website Anda secara mudah tanpa Anda harus mempunyai kemampuan ataupun pemahaman tentang HTML, PHP dll yang bagi pemula tentu cukup memusingkan. Umumnya, pengguna pemula cPanel kebingungan melihat banyaknya fitur dan merasa kesulitan, namun sesungguhnya tak sesulit yang dibayangkan. Tidak semua fitur yang ada harus digunakan. Hanya beberapa saja yang penting dan sekarang sudah banyak beredar buku-buku yang mengajarkan cara penggunaannya di toko-toko buku seperti Gramedia dll. Di internet pun banyak website ataupun blog yang membahas cara-cara penggunaan cPanel.

VI. CMS
CMS(Content Management System) adalah software online untuk memasukkan, mengelola dan mengembangkan data-data online website dengan cara penggunaan yang sangat mudah dimana tujuan dari diciptakannya CMS ini memang adalah untuk memudahkan kita-kita yang belum memahami kode-kode HTML, PHP dll yang bagi pemula tentu sangat rumit. Yang penting sudah bisa main internet walaupun baru sekedar di Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter, sudah dasar yang cukup untuk menggunakan CMS. Apalagi bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word, Excel dll termasuk biasa membuat artikel di sini, menjadi lebih mudah. CMS bisa di-install secara otomatis melalui cPanel menggunakan software online Fantastico De Luxe atau Softaculous. Bisa juga dipasang secara manual melalui File Manager di cPanel. Ada dua CMS yang terkenal dan paling banyak digunakan yaitu Joomla juga Wordpress.


Jasa Pembuatan Website dan Mobile Apps
Official
Jln. Johar VIII no. 11, Cimanggu Bogor
0251-8576-335 | 0813-8047-9646

Gedung Omega Lt.2, Jln. Keramat Raya 61A, Jakarta Pusat
0878-7239-5001 | 0877-2161-4814
www.proteknologi.com

Comments

Popular posts from this blog

Unsur-unsur dalam Website

Alasan Mengapa Website Sangat Penting

Jasa Mobile Apps